Senin, 26 Januari 2015

Infused Water.

mau sehatt ???
baca selengkapnya 
INFUSED WATER.. :)

     Seminar Kesehatan gizi” Infused Water, Gaya Sehat Minum air” dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Peminatan Gizi Kesehatan Masyarakat (HMP-Gizi Kesmas) FKM USU di Auditorium Martabe, Kantor Gubenur Sumatera Utara (7/6/2014). 
      Pemateri pertama dalam seminar ini adalah Bapak Oslida Martony SKM, M.Kes (Sekretaris Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia/IAKMI Sumatera Utara) dengan topik “Manfaat dan Kandungan Gizi Infused Water”. Sedangkan pemateri kedua adalah Bapak Prof. Dr. Ahmad Sulaiman, MS (Ketua Ahli Pangan Indonesia, Dosen IPB dan Auditor Carrefour Indonesia) dengan topic “Fruit and Vegetable Infused Water: Green, Trend and Its Safety”..

     Dalam paparannya Bapak Oslida menerangkan bahwa infused water (SPA water) adalah minuman air putih berisi potongan buah, daun, rempah dan didiamkan beberapa jam sebelum diminum, sehingga air putih tersebut mempunyai rasa sesuai dengan buah/daun/rempah yang di masukkan tersebut. Manfaat infused water untuk menurunkan berat badan, anti oksidan, minuman kesehatan dan meningkatkan konsumsi buah dan rempah. Beliau juga memberikan 5 resep infused water yaitu campuran buah jeruk dan lemon, buah mentimun, stroberi, stroberi lemon dan nenas mint infused water.

      Bapak Prof. Dr. Ahmad Sulaiman, MS (guru besar keamanan pangan dan gizi IPB) yang telah banyak mempunyai pengalaman penelitian tentang pangan di dalam dan di luar negri menyatakan bahwa infused water sebaiknya menggunakan buah-buahan local untuk menghindari kontaminasi pestisida dari buah-buahan import yang telah disimpan lama. Akumulasi dari pestisida yang dikonsumsi selama bertahun-tahun akan mengganggu kesehatan dan dapat mengurangi sifat maskulin laki-laki menjadi feminin.
(Rahayu Lubis, 2014) 

Infused water adalah airyang mengandung sari buah atau biasa disebut rendaman buah. 
Mengapa harus infused water ???
alasannya adalah dunia moderen  --> healty life --> kesehatan / dokter --> kurang minum air putih ( boring, bosan ), kurang olah raga dan usus penuh toksin ( gampang sakit ),  minuman instan ( terbiasa ), --> solusinya adalah infused water sehingga  tidak bosan  karena ada rasannya, vitamin C dalam infused water  memperkuat daya tahan tubuh, merupakan bahan alami sehingga sehat untuk dikonsumsi. 

Infused water diakibatkan oleh osmosis. Adalah perpindahan molekul air melalui membran semi permeabel  dari daerah yang memiliki konsistensi rendah ke daerah yang memiliki. NB tidak semua molekul dapat berindah.( Hendy Taunardi, 2014)

Daftar Pustaka 
Lubis, Rahayu. 2014. Seminar Kesehatan Gizi " Infus Water , Gaya Sehat Minum  Air ". Fakultas Kesehatan Masyarakat: Universitas Sumatra Utara
Taunardi, Hendy.2014. Cara Menghitung Kadar Vitamin C Infused Water . https://prezi.com/uzdbxqtn6xk-/cara-menghitung-kadar-viamin-c-infused-water/.

0 komentar:

Posting Komentar