Senin, 26 Januari 2015

Diabetes Mellitus.

Semoga bermanfaat bagi para penderita diabetes maupun sebagai terapi diet mandiri...simak !
"TIP MEMILIH BAHAN MAKANAN DAN TAMBAHAN MAKANAN BAGI DIABETESI"



Beras Merah
Berapa jumlah nasi merah yang bisa dikonsumsi oleh seorang diabetesi ?
pemberian nasi merah atau nasi coklat bisa disesuaikan. Jauh lebih baik lagi jika anda bersedia konsultasi dengan ahli gizi untuk menghitung bobotnya. Jumlah nasi yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu.
Pada umumnya, nasi merah atau coklat yang diberikan untuk perempuan sekitar 100-120 gram dan 120-150 gram untuk laki-laki.
Nasi merah baik dikonsumsi untuk diabetesi karena tinggi serat namun memiliki nilai GI yang rendah.



Jenis gula apa yang baik dikonsumsi diabetesi ?
gula yang baik adalah gula rendah kalori 
1. Gula Aren dan Gula Kelapa
  di dalam  gula aren terkandung zat besi yang cukup tinggi. Nilai indeks glikemik gula aren atau kelapa  sekitar 35. Konsumsi gula aren tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga sangat cocok diberikan kepada pnderita diabetes. 
Gula aren lebih baik dibandingkan dengan gula pasir karena nilai indeks glikemiknnya rendah. 



2. Gula Jagung
Menurut penelitian gula jagung memiliki kadar kalori yang lebih rendah daripada gula tebu, sehingga bisa dijadikan alternatif penggangti gula untuk diabetesi. Namun, ada salah satu jenis gula jagung yang berbahaya untuk diabetesi karena dalamnya terkandung kalori cukup tinggi, yaitu HFCS atau High Fructose Corn Syrup. karena itu, jangan salah memilih jenis gula jagung. Pilih yang benar-benar rendahkalori dan aman dikonsumsi oleh para diabetesi.

 3. Stevia ( gula alternatif paling aman )
Apa gula alternatif yang paling aman untuk diabetesi ?
Ada 3 jenis gula alternatif yang paling aman. Dua dari gula substituen terbaik berasal dati tanaman, yaitu Stevia dan Lo han guo . Stevia berasal dari daun tanaman  stevia yeng merupakan tanaman yang berasal Amerika Selatan. Stevia memiliki rasa sangat manis dan biasa dijual dalam bentuk suplemen. Stevia aman dalam bentuk alami dan dapat digunakan untuk memberikan rasa manis pada makanan dan minuman.
   Alternatif ketiga adalah mengguakan glukosa murni ( dekstrosa). Tinggkat kemanisannya hanya 70% dari tngkat kekmanisan sukrosa. Meskipun sedikit lebih mahal dibandingkan dengan gula biasa, tetapi dekstrosa tidak memberikan efek buruk terhadap  kesehatan. dekstroksa seperti gula alternatif lain  yang relatif lebih aman. Hal ini berbeda dengan fruktosa dan glukosa yang dapat diserap tubuh secara langsung. (Rifka, 2014)

SUMBER : Dewi, Rafika Kumala.2014. Diabetes Bukan Untuk Ditakuti .Magelang: FMedia

0 komentar:

Posting Komentar