Senin, 26 Januari 2015

Gizi Seimbang, Bangsa Sehat Berprestasi.

Malam teman.. Kali ini dari ILMAGI (Ikatan Mahasiswa Gizi Indonesia ) akan menyampaikan mengenai Gizi Seimbang, Bangsa Sehat Berprestasi. Untuk lebih lanjutnya mari kita baca artikel di bawah ini...

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke 55, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia memperkenalkan slogan baru untuk menggantikan pesan "4 Sehat 5 Sempurna".
Pesan 4 Sehat 5 Sempurna sudah mengakar pada masyarakat Indonesia yang isinya lebih fokus terhadap pola konsumsi sehari-hari. Di era kemajuan ilmu pengetahuan, terbukti bahwa untuk membentuk tubuh yang sehat, kita tidak hanya perlu memperhatikan pola konsumsi, tapi juga pola hidup bersih, aktivitas fisik dan kontrol berat badan. Oleh karenanya keempat hal tersebut yang selanjutnya dijadikan sebagai 4 pilar gizi seimbang.
Asupan gizi yang baik dan pola hidup yang baik dapat menjadikan seseorang menjadi sehat. Akan tetapi ada tujuan yang dapat dicapai lebih dari sekedar sehat yaitu "berprestasi" jika kita mau menerapkan pola hidup gizi seimbang.
Pesan "4 Sehat 5 Sempurna" digantikan dengan "Gizi Seimbang, Bangsa Sehat Berprestasi".
Mari sampaikan pesan pada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenal isi dari Gizi Seimbang. 4 pilar Gizi Seimbang yaitu asupan makan yang baik dan cukup, lakukan aktivitas fisik, kontrol berat badan normal dan biasakan untuk melakukan pola hidup bersih.
Gizi seimbang selanjutnya dijabarkan menjadi 10 Pesan Gizi Seimbang.

     Selain itu, ILMAGI juga mengadakan Pendidikan Sarapan Sehat Nasional di Bogor. Hal tersebut bertujuan untuk memebentuk anak yang bergizi seimbang dan sehat berprestasi.
     
Hari ini, 24 Januari 2015, telah dilaksanakan Pendidikan Sarapan Sehat Nasional di Bogor. Kegiatan Pendidikan Sarapan Sehat Nasional diprakarsai oleh AIPGI (Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia) dan PERGIZI. Kali ini, kegiatan Pendidikan Sarapan Sehat Nasional dibantu oleh teman - teman dari HIMAGIZI IPB dan HMPPI di Bogor. Kegiatan ini akan dilakukan di 10 kota/kabupaten di Indonesia, dan Bogor menjadi kota pertama dilaksanakannya kegiatan ini. Pendidikan Sarapan Sehat Nasional di kabupaten dan kota Bogor dilakukan di 6 sekolah dasar dengan sasaran 1.250 siswa dan 50 guru SD. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kebiasaan sarapan tiap hari sejak masih di sekolah dasar. Dalam kegiatan ini dilaksanakan kegiatan sarapan sehat, pembagian komik "Ayo Sarapan Sehat!", dan berbagai kegiatan seru lainnya.
    Terimakasih kepada teman - teman HIMAGIZI IPB dan HMPPI yang telah membantu dalam menyukseskan acara Pendidikan Sarapan Nasional kali ini, serta kepada AIPGI dan PERGIZI untuk arahan dan dukungannya sehingga acara ini berjalan dengan lancar.

      Kegiatan Pendidikan Sarapan Sehat Nasional masih akan diadakan di 9 kota lainnya. Mari ramaikan kegiatan ini dan tanamkan kebiasaan sarapan sehat setiap hari!
MARI SARAPAN SEHAT! BANGSA SEHAT BANGSA BERPRESTAS
Semoga dengan artikel ini dapat menciptakan atau meningkatkan penerus-penerus bangsa yang bergizi, sehat dan berprestasi. Salam Gizi

0 komentar:

Posting Komentar